Go to Top

TIPS MEMBUKA TOKO MATERIAL-APLIKASI TOKO MATERIAL

Tips sukses software toko material bangunan

goaccuratesoft.com-Meningkatnya perekonomian di negara kita memberikan keuntungan tersendiri bagi beberapa pelaku bisnis terutama bisnis dibidang properti, jasa kontraktor, produsen maupun distributor bahan bangunan karena semakin meningkatnya pembangunan perumahan, gedung perkantoran dan gedung pertokoan.
Jika Anda berencana membuka bisnis baru, memulai usaha toko bangunan adalah salah satu pilihan tepat , karena bisnis ini  tidak akan sepi dari pembeli, selama masih ada pembangunan di sekitar Anda. Margin keuntungan yang besar dari usaha toko bahan bangunan ini dari pada jenis usaha yang lain menjadi magnet tersediri bagi  para pelaku usaha untuk mencoba membuka toko material bangunan. Jadi tidak mengherankan jika dewasa ini banyak sekali toko bangunan yang  bermunculan walaupun tingkat persaingan pasarnya sudah lumayan tinggi.

Untuk memenangkan persaingan dalam usaha toko bangunan ini, Anda harus bisa memberikan ciri khas atau nilai lebih pada toko bangunan yang akan Anda jalankan. Agar toko bangunan Anda tidak kalah bersaing dengan toko bangunan yang sudah ada.

Hal-hal berikut yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai membuka toko bangunan:

1. Pilihlah lokasi toko yang strategis

Pemilihan lokasi ini sangat penting karena akan membantu dalam hal pemasaran toko material bangunan Anda. Karena Anda menjual bahan-bahan material bangunan maka lokasi yang strategis adalah lokasi dekat dengan pemukiman warga dimana target pelanggan yang akan Anda bidik adalah pelanggan yang ingin membangun rumah atau ingin merenovasi rumah mereka. Jadi lokasi strategis tidak  harus selalu ramai dilalui orang tetapi perlu diperhatikan juga lokasi sekitar toko yang akan Anda buka toko Bangunan, apakah dekat dengan pemukiman atau tidak. Sasaran utama bisnis toko bangunan  adalah masyarakat yang mendirikan bangunan maupun yang akan merenovasi rumah mereka. Selain itu  kontraktor dan pengembang properti juga menjadi konsumen utama dari bisnis toko bangunan. Karena mereka sangat membutuhkan bahan material bangunan untuk menopang bisnis properti.

2. Melakukan survai pasar

Survai pasar dilakukan untuk mengetahui barang-barang toko bangunan atau material apa saja yang paling banyak dicari atau dibutuhkan konsumen. Biasanya Cat, semen, besi, baja, kayu, alumunium, dan keramik adalah barang-barang yang paling banyak diminati. Merk-merk apa saja yang mereka sukai, dimana mereka membeli bahan-bahan material bangunan selama ini. Setelah Anda mendapatkan informasi barang apa saja yang paling banyak dicari maka prioritaskan membeli barang – barang tersebut terlebih dahulu agar barang dagangan toko bangunan Anda bisa cepat laku. Dengan melakukan survai pasar Anda memperoleh informasi mengenai pesaing dalam usaha toko bangunan yang akan Anda jalankan., yang nantinya bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja toko bangunan Anda.

Ada beberapa cara melakukan survai/riset pasar yaitu wawancara. Wawancara bisa dilakukan dengan cara tatap muka langsung maupun lewat telp. Cara yang kedua yaitu melalui kuisioner dan yang terakhir adalah focus group yaitu mengumpulkan sample calon konsumen potensial Anda dan meminta pendapat atau masukan dari mereka.

3. Pemasaran.

Pasanglah beberapa banner menarik di depan toko bangunan Anda sehingga para konsumen mengetahui usaha yang sedang Anda buka, berikan penawaran yang menarik, hadiah, harga khusus, potongan harga, misalnya: beli satu pak gratis satu pcs untuk waktu tertentu atau memberikan bonus kaos, kalender atau jam dinding dimana terdapat logo toko bangunan Anda untuk jumlah pembelian tertentu, berikan harga khusus untuk pembelian grosir dan lain-lain. Jalinlah kerjasama dengan kontraktor dan pengembang properti karena mereka juga menjadi konsumen utama dari bisnis Anda.

4. Jeli memanfaatkan moment-moment tertentu.

Misalnya ketika sedang banyak pembangunan perumahan di sekitar lokasi toko Anda tentunya permintaan akan material seperti semen, pasir,batu bata dan besi, juga akan meningkat. Agar tidak kehabisan stock pada moment tersebut, tambahkan persediaan bahan mataerial bangunan. Saat  musim penghujan, biasanya banyak rumah yang bocor,  saluran pipa airnya rusak, jadi sebaiknya Anda  menambahkan stock persediaan pipa air untuk memenuhi permintaan yang meningkat tersebut. Contoh lainnya yaitu moment menjelang perayaan HUT Republik Indonesia kebutuhan akan cat cenderung meningkat dibanding hari – hari biasanya. Jadi sebaiknya Anda memprioritaskan barang yang mudah dijual pada tiap musimnya.

5. Memberikan pelayanan yang terbaik.

Apapun bisnis Anda pelayanan kepada pelanggan adalah kuncinya. Kepuasan pelanggan Anda akan membawa mereka datang kembali. Pelayanan yang buruk akan berdampak pelanggan Anda enggan untuk datang lagi ke toko Anda.

6. Jual barang-barang berkualitas

Pilihlah bahan material bangunan yang berkualitas, karena material bangunan akan berpengaruh pada kekuatan, dan keawetan suatu bangunan. Dan tentunya pelanggan Anda mencari bahan material yang berkualitas. Contohnya bahan bangunan seperti pasir, pilih yang berbutir tajam dan tidak tercampur lumpur. Sedangkan untuk batu kerikil pilih batu yang keras dan tidak berpori berbentuk tajam. Anda harus memperdalam pengetahuan mengenai bahan/barang yang berkualitas.

7. Mempersiapkan Aplikasi Toko Material Bangunan yang Handal

Jika usaha Toko Bangunan Anda sudah berkembang sudah saatnya Anda menggunkan software komputer aplikasi toko material bangunan. Dimana dengan aplikasi toko material ini dapat membantu Anda dalam mengelola toko Bangunan Anda. Aplikasi toko material ini melakukan pencatatan stock yang lebih akurat. Aplikasi toko material ini juga dapat menghindari kehilangan barang yang disebabkan karena kecurangan Kasir dan lain-lain.

Kelebihan usaha toko material bangunan ini adalah :

Memiliki prospek pasar yang sangat bagus karena masyarakat akan selalu membutuhkan bahan-bahan material bangunan. Rumah tempat tinggal adalah kebutuhan pokok sedangkan untuk mendirikan rumah membutuhkan bahan-bahan material bangunan. Selain itu bahan material bangunan lebih tahan lama dan tidak memiliki masa kadaluarsa.

 

, , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Harga Paket