Go to Top

Program Kasir Toko Kelontong

sukses membuka toko kelontong

Tips Membuka Toko Kelontong

Program kasir toko kelontongTips Membuka Toko Kelontong Membuka usaha toko kelontong dengan memanfaatkan ruangan  yang tidak terpakai di   rumah   memang sangat menyenangkan. Untuk seorang ibu rumah tangga  selain bisa tetap melaksanakan tugas sebagai ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat pula.

Toko kelontong biasanya mempunyai pasar yang selalu ada, yakni tetangga sekitar pemukiman tersebut. Walaupun margin per item tipis tapi total keuntungan yang didapatkan cukuplah menggiurkan karena perputaran uang yang sangat cepat.

Bagi anda yang berencana atau baru memulai Bisnis toko kelontong tidak ada salahnya mempertimbangkan ulasan kami berikut ini agar bisnis anda mencapai kesuksesan seperti yang anda inginkan.

Toko kelontong dikatakan sukses jika memenuhi kriteria sebagai berikut:

    1. Ada pembeli yang datang ke toko

      Hal ini menunjukan toko anda menarik minat orang untuk membeli. Toko kelontong biasanya mempunyai pasar yang selalu ada, yakni tetangga sekitar pemukiman tersebut sebagai konsumennya.

    2. Jumlah produk yang dijual semakin beragam dan banyak

      Semakin beragam produk yang dijual, keuntungan akan semakin besar pula. Tidak hanya barang kebutuhan pokok saja tetapi barang-barang kebutuhan sekunder pun juga semakin banyak jenisnya.

    3. Jumlah pembeli semakin hari bertambah banyak.

      Hal ini menunjukkan toko anda mulai dikenal warga sekitar. Walaupun margin per item tipis tapi total keuntungan yang didapatkan cukuplah menggiurkan.

    4. Jumlah pelanggan mengalami peningkatan

      Hal ini menunjukkan ada kelebihan tersendiri pada toko anda sehingga membuat pembeli ingin beli lagi ke toko anda.

    5. Penghasilan dari toko bisa untuk menutupi bea operasional toko serta biaya hidup sehari hari.

      Bisa menyisihkan penghasilan toko untuk mengembangkan usaha toko.

Untuk bisa mewujudkan hal-hal diatas Anda harus bekerja dengan keras dan tekun.

Hal-hal  yang perlu dipersiapkan dalam Membuka Toko Kelontong

Untuk membuka usaha toko kelontongan ini yang harus disiapkan adalah:

  1. Etalase dan rak

    digunakan untuk memajang barang-barang dagangannya. Besarnya etalase disesuaikan dengan jumlah dan jenis barang yang dijual, dan berapa modal yang ada untuk memulai usaha toko kelontong.

  2. Persiapan tempat.

    Tidak butuh ruangan yang luas untuk berjualan, Anda bisa membuka toko kelontong di depan rumah atau garasi, atau dengan menyewa ruko sangat perlu diperhatikan. Dan jangan lupa menyiapkan timbangan untuk menakar barang-barang dan kalkulator untuk menghitung.

  3. Mencari Agen atau distributor.

    Usahakan selalu membeli barang langsung dari distributor atau agen karena harganya jauh lebih murah.

  4. Menyusun daftar barang yang akan dijual

    Susunlah daftar barang sesuai dengan modal yang ada. Buatlah skala prioritas terhadap barang-barang tersebut. Untuk barang yang diprediksi akan cepat laku maka stok diperbanyak dan selalu dipersiapkan agar tidak pernah kehabisan.

Beberapa hal yang merupakan kunci kesuksesan bisnis toko kelontong diantaranya adalah:

  1. Modal yang cukup.

    Tanpa modal yang memadai rasanya sulit meraih kesuksesan. Namun memiliki modal yang besar bukan jaminan bisa sukses. Untuk tahap awal usahakan barangnya lengkap walaupun jumlahnya sedikit.

  2. Posisi toko strategis

    Mudah dijangkau, terlihat dengan jelas , ditengah pemukiman penduduk.

  3. Pintar memilih Agen atau distributor. Tujuannya adalah untuk mendapatkan barang yang lebih murah.

  4. Harga yang bersaing

    Salah satu daya tarik pembeli adalah harga yang murah. Namun tidak harus semua murah karena margin keuntungan juga akan sedikit. Untuk itu perlu ada strategi khusus agar toko Anda dikenal murah namun sebenarnya tidak semuanya murah.

  5. Jeli dalam memajang barang.

    Terkadang pembeli tadinya tidak berniat membeli tapi karena melihat barang ditoko jadi membeli. Untuk itu pajanglah barang semenarik mungkin,gampang dilihat dan toko terlihat penuh koleksi barangnya.

  6. Pelayanan yang ramah

    Pembeli akan senang apabila Anda ramah dan sabar dalam melayani pembeli. Anda juga bisa menerima layanan antar dan pemasangan lewat telepon atau sms.

  7. Menjaga Kelengkapan Barang

    Salah satu karakter pembeli adalah sekali belanja semua kebutuhannya tersedia semua ditoko jadi tidak perlu ketoko lain.

  8. Jeli Memanfaatkan Momen-momen tertentu

    Pada waktu-waktu tertentu Ada barang yang sangat laku. Misalnya Sirup ketika bulan puasa, Sembako ketika menjelang lebaran. Buku tulis ketika tahun ajaran baru dan lain lainnya.

  9. Jam Operasional yang panjang

    Usahakan buka toko sepagi mungkin dan tutup tidak terlalu sore. Karena yang anda jual adalah kebutuhan sehari-hari.

  10. Jujur

    Usahakan selalu menunjukkan kerendahan hati kalau memang barang yang Anda jual ada cacatnya untuk menghindari kekecewaan pembeli. Dalam hal pembayaran selalu teliti kalau memang ada kelebihan kembalikan lagi kepada pembeli. Demikain juga apabila ada barang pembeli yang tertinggal simpan untuk dikembalikan.

  11. Promosi

    Bisa dengan cara bagi-bagi brosur kepada warga sekitar, pasang ditempat strategis. Bisa juga dengan memasang harga yang besar untuk barang yang murah sehingga setiap orang yang lewat akan lihat, bisa jadi orang tersebut mereferensikan ke warga lainnya.

  12. Memanfaatkan software komputer. (Program kasir  toko kelontong)

    Ketika toko kelontong Anda sudah cukup besar tidak ada salahnya Anda memanfaatkan software kasir  toko kelontong yang dapat mengurangi tingkat kehilangan barang-barang dagangan Anda.

 

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Harga Paket