Go to Top

Persiapan membuka toko baju

Persiapan membuka toko baju denga software toko baju

Setelah Anda membuat perencanaan dan mengevaluasi kelayakan usaha toko baju yang akan Anda buka, maka langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan sebelum membuka usaha toko baju atau butik.

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka toko baju atau butik :

A. Menyiapkan Perizinan

Meski skala toko baju atau butik termasuk bisnis skala kecil, namun mengurus perizinan tetap kami anjurkan. Hal ini untuk menghindari adanya persaingan yang tidak sehat. Intrik dalam dunia bisnis sekecil apa pun pasti akan selalu ada. Jika perizinan tidak dipersiapkan secara dini, maka pesaing akan memanfaatkan sebagai isu kelemahan yang kita miliki. Dan tidak menutup kemungkinan toko baju atau butik yang sedang kita jalankan akan ditutup oleh pihak yang berwenang.
Beberapa perizinan yang sebaiknya Anda urus:

1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
4. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
5. Surat Keterangan Domisili
6. Akta Pendirian Perusahaan

B. Menyiapkan Gerai

Bila dalam bab perencanaan kita sudah menentukan pilihan lokasi untuk mendirikan gerai toko baju atau butik, maka selanjutnya mempersiapkan gerai yang sudah disewa/kontrak. Tampilan gerai menunjukan citra kepada konsumen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata gerai untuk toko baju atau butik adalah:

1. Suasana ruangan yang cukup penerangannya.
2. Interior menggunakan warna cat tembok yang cerah
3. Kebersihan dan kerapian ruang gerai.
4. Lay out ruangan untuk meja kasir, patung model, rak barang . show case/cooler, AC.
5. Ruang ganti atau kamar pas, dan perlengkapan lainnya

Oleh karena itu diupayakan seoptimal mungkin gerai yang kita siapkan harus ditata sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen untuk berkunjung.

C. Perlengkapan dan Peralatan

Perlengkapan dan peralatan untuk usaha toko baju yang Anda beli tidak harus baru yang mahal harganya. Tidak ada salahnya jika Anda membeli perlengkapan second jika memang kondisinya masih bagus dan layak di pakai di toko baju atau butik Anda.
Untuk peralatan mesin kasir minimal Anda menyediakan 1 unit komputer yang dilengkapi dengan printer kasir dan software point of sales (POS). Gunakanlah software minimarket Cakra Integrited System produk goaccuratesoft karena pengoprasiannya sangat mudah dan sederhana.

D. Persediaan Awal Barang Dagangan

Persiapan terakhir untuk dapat menjalankan usaha toko baju atau butik adalah menyediakan barang dagangan awal. Bagi pemula langkah ini tidak mudah melakukannya karena belum mengetahui hal berikut:

1. Supplier
2. Harga beli barang
3. Jumlah barang yang harus disediakan
4. Jenis, merek, dan ukuran barang

Oleh karenanya disarankan dalam menyediakan barang dagagan untuk pertama kali Anda bisa berbelanja di pusat perkulakan. Untuk persediaan awal, setiap item barang tidak perlu banyak. Yang terpenting adalah keanekaragaman barang dapat disediakan. Sehingga dengan modal pas-pasan kita tetap masih bisa melakukan pembelian barang dagangan yang lebih variatif baik dari segi kategori, ukuran, dan merek.
Bila toko baju atau butik kita sudah berjalan, bukan kita lagi yang mencari barang. Tetapi barang yang akan mencari kita. Toko baju kita lambat laun akan dikunjungi banyak supplier/distributor. Namun jangan berharap semua barang bisa tersedia dari supplier. Maka, untuk melengkapi keanekaragaman barang, kita tetap harus berburu barang-barang yang belum ada di toko baju Anda.
Jika usaha toko baju atau butik Anda sudah berjalan tidak ada salahnya Anda mencoba memproduksi atau membuat merk dagang sendiri.

E. Uji Coba

Persiapan membuka toko baju  yang terakhir adalah uji coba, Sebelum toko baju atau butik dibuka, sebelumnya harus dilakukan uji coba mulai dari proses penyambutan konsumen yang berkunjung sampai pada proses transaksi pembelian dikasir. Jangan sampai setelah pembukaan, para pengelola toko belum familiar dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen.
Uji coba terhadap software toko baju di kasir pada komputer pun mutlak dilakukan. Sebab bukan tidak mungkin software yang dijual di pasaran masih memiliki kelemahan. Belilah software toko pakaian yang memberikan layanan purna jual.
Siapkan uang receh atau pecahan Rp 200 dan Rp 500 untuk kembalian. Hal ini perlu dipersiapkan sehari sebelum pembukaan. Selain itu lakukan pengecekan terhadap semua jenis barang apakah sudah dipajang sesuai kategori. Label-label harga yang biasanya ditempel di hand tag di cek ulang, jagan sampai terjadi kekeliruan atau harga yang tertera tidak sama dengan harga pada master harga di program komputer. Oleh karenanya lakukan pemeriksaan terhadap seluruh aspek operasional toko. Mulai dari aspek pegawai sampai aspek fasilitas.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Harga Paket