Go to Top

Pengaturan promo / diskon

 

Promosi adalah setiap aktivitas yang ditujukan untuk memberitahukan , membujuk atau mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang kita jual.

Secara umum manajemen promosi mempunyai tujuan antara lain sebagai berikut :

1. Penampakkan :
Salah satu tujuan penting dari promosi adalah promosi tersebut harus dapat menyampaikan pasan pada sejumlah calon pembeli yang dituju atau yang ditargetkan, dengan demikian minimarket atau supermarket Anda harus memilih mana yang dapat dicapai ke pembeli yang dituju tersebut. Dalam rangka penampakkan ini perlu diperhatikan langkah lengkah sebagai berikut :
– Menentukan calon pembeli yang dituju atau yang di targetkan.
– Menentukan jumlah calon pembeli yang dituju.
– Memilih media yang paling sesuai untuk dapat mencapai calon pembeli tersebut.

2. Perhatian :
Promosi harus dapat menarik perhatian konsumen ateu calon pembeli yang dituju, namun seringkali sangat sukar untuk menarik perhatian calon pembeli terhadap promosi yang kita lakukan disebabkan adanya sedemikian banyak promosi yang dilakukan pula oleh minimarket atau supermarket lainnya, sehingga perhatian calon pembeli tidak hanya terpusat pada promosi yang dilakukan oleh minimarket yang  lain yang meliputi sejumlah edvertensi, promosi penjualan dan usaha-usaha promosi lainnya. Jadi minimarket atau supermarket dihadapkan pada masalah bagaimana agar promosi yang dilakukan oleh minimarket lainnya.
Cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian calon pembeli misalnya memberikan sponsor untuk suatu acara tertentu, penggunaan orang yang sudah popular di mata masyarakat dalam reklamenya, menonjolkan apa yang lebih menjadi keistimewaan penawaran harga yang tidak terdapat pada minimarket lainnya, dan lain sebagainya.

3. Pemahaman :
Tujuan promosi lainnya dari promosi ialah pemahaman yang dicapai pada waktu calon pembeli menginterpretasikan pesan yang sampai kepadanya. Calon pembeli sering kali tidak dapat memahami promosi yang tidak direncanakan dengan baik atau yang dapat menarik perhatian, kadang-kadang perubahan dari media yang digunakan dapat menyebabkan pesan yang disampaikan menjadi tidak jelas sehingga dalam merubah penggunaan media kita juga harus melibat apakah perlu diadakan perubahan pesan. Dengan demikian Anda harus yakin bahwa pesan yang disampaikan melalui media itu jelas dan dapat menarik perhatian, karena banyak minimarket mempromosikan berbagai macam varian promo, calon pembeli banyak tertarik, mengingat dan memahami beberapa promosi dari sekian banyak promosi yang ada.

4. Perubahan Sikap :
Setelah promosi dapat dipahami oleh calon pembeli, maka Anda mengharapkan suatu tanggapan dari calon pembeli terhadap promosi tersebut. Setiap minimarket harus menyesuaikan promosinya dengan produk yang dijual untuk dapat merubah sikap calon pembeli yang ditujunya, misalnya perubahan agar pembeli mengalihkan pembeliannya dari minimarket lain ke minimarket Anda.

5. Tindakan :
Sesuai dengan tujuan akhir promosi adalah untuk meningkatkan keuntungan melalui peningkatan hasil penjualan, maka tujuan promosi yang paling penting adalah untuk dapat menimbulkan tindakan dari calon pembeli yang ditujunya, karena hal ini menandakan berhasil atau tidaknya suatu promosi.

Ada banyak cara promosi. Salah satunya dengan mengeluarkan kartu belanja berlangganan bagi pelanggan. Kartu tersebut memberikan beragam benefit misalnya memberikan bonus dalam bentuk barang tertentu/potongan harga manakala pelanggan mencapai akumulasi nilai belanja tertentu. Tujuan program ini jelas, yakni untuk mengikat pelanggan menjadi pembeli loyalis minimarket Anda. Anda bisa mengkombinasikan type-type promo dengan  software minimarket dan supermarket.

Kami suatu perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, khususnya pengembangan software jasa pembuatan software berkantor pusat di semarang  juga menerima masukan mengenai  type-type promo di minimarket dan supermarket Anda,

Harga Paket