Go to Top

Menggunakan Program Toko Cakra Integrited System

Berikut ini akan kami jabarkan cara menggunakan software Cakra Integrited System   profesional edition

Bagian 1

1. Setting Jaringan

Program Toko/ Aplikasi Cakra Integrited System didesain untuk dapat digunakan oleh multi user, yang artinya dapat digunakan oleh beberapa user sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Untuk dapat menggunakan fasilitas multi user, aplikasi ini harus berjalan diatas LAN dengan menggunakan beberapa settingan. Setting jaringan ini tidak berlaku untuk komputer yang tidak menggunakan jaringan (stand alone).Untuk penggunaan Cakra Integrited System di dalam jaringan harus sudah tersedia infrastruktur penunjang LAN. Tata cara pembuatan jaringan beserta troubleshooting tidak dibahas dalam tutorial  ini. Setting jaringan untuk SQL Server 2005 Express Tentukan satu komputer untuk menjadi server Beri IP Address untuk komputer server tersebut misalnya 192.168.0.1 Install database SQL Server 2005 Express, untuk petunjuk instalasi SQL Server 2005 Express baca disini Catat password SA (System Administrator) secara default Username SA tidak diberi password dan perlu dicatat apabila pengguna mengisi password SA tersebut. Pada setting pertama kali, Cakra Integrited System akan otomatis membuat database dan tabel baru yang dibutuhkan Program Toko Cakra Integrited System supaya dapat berjalan dengan baik..Apabila setting jaringan telah selesai silakan restart terlebih dahulu baru kemudian dapat digunakan

2. Membuka Aplikasi

Program Toko Cakra Integrited System adalah aplikasi yang berjalan di atas platform Windows (Under Windows), sehingga prosedur yang digunakan untuk membuka aplikasi ini sama seperti aplikasi Windows pada umumnya, seperti misalnya MS Word, Excel, Powerpoint atau yang lainnya. Pengguna dapat memulai dengan klik tombol Start, pilih program, pilih Cakra Integrited System dan Klik Caktra Retail Solutions  atau pengguna dapat membuat shortcut yang diletakkan di desktop sehingga untuk menjalankan aplikasi Cakra Integrited System cukup double klik shortcut tersebut. Pertama aplikasi ini dijalankan akan meminta login dan password pengguna. Secara otomatis ketika aplikasi ini dijalankan akan membuat operator dengan Level Admin dimana level ini merupakan level puncak yang memiliki wewenang penuh atas menu dan fasilitas yang ada di aplikasi Cakra Integrited System. Apabila semua berjalan normal maka aplikasi akan terbuka dan langsung menampilkan form login seperti dibawah ini.Program kasir minimarketUntuk pemakaian pertama kali masukkan login dengan username: “ADMIN” dan password: “ADMIN“. Setelah login dilakukan, password dari Superadmin dapat diganti sesuai dengan keinginan pengguna. Apabila login berhasil maka pengguna akan masuk ke halaman utama dari aplikasi ini.
software inventory controlNama Operator yang sedang login akan ditampilkan pada menu outlook. Identitas Operator akan selalu tercatat pada setiap transaksi yang dilakukansoftware tokoOutlook menu merupakan menu sekunder, untuk memudahkan user dalam melakukan pekrjaannyarunning text yang berada dibawah start menu(auto hiden)  akan menampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan stock, tanggal jatuh tempo hutang dan piutang, hotline support accurate solutions, dan lain-lain. seperti gambar dibawah iniProgram toko

3. Mengatur Level

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum melakukan transaksi adalah mengatur level dari masing-masing operator. Level ini akan menentukan kewenangan dari masing-masing operator, misalnya seorang operator dengan level cashier hanya boleh melakukan transaksi penjualan sementara operator dengan level accountant tidak boleh melakukan transaksi apapun kecuali hanya melihat laporan atas transaksi yang dilakukan cashier. Untuk mengatur level pilih Menu Operator kemudian pilih Level.program minimarket, toko bangunan, butikFungsi search terdapat pada bagian atas disediakan untuk melakukan pencarian Nama Level berdasarkan Kata Kunci. Pengurutan data yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada Judul kolom yang akan diurutkan. Contoh: Data akan diurutkan menurut nama level bila Judul pada kolom tersebut di klik.
Level yang ditampilkan dalam form ini adalah built in program (diciptakan secara otomatis oleh program). Pengguna dapat menambah level sendiri apabila diperlukan. Tentang penambahan level akan dijelaskan melalui fungsi tombol dibawah ini.
Fungsi Tombol Level :

  • Permission  Inti dari menu level ini adalah pada tombol permission.  Fungsinya adalah untuk menentukan wewenang dari masing masing level program kasir Keterangan paling atas Level : Superadmin menunjukkan bahwa kita akan mengatur wewenang  untuk level Superadmin. Bagian Menu berisi daftar menu yang ada dalam aplikasi Cakra Integrited System. Menu yang dipilih menunjukkan bahwa operator dengan level tersebut diperbolehkan untuk mengakses, sedangkan menu yang tidak dipilih menunjukkan level tersebut tidak diperbolehkan untuk diakses. Apabila menu-menu yang diinginkan sudah dipilih sesuai dengan masing-masing level kemudian klik tombol Simpan.
  • Tambah Level Baru Digunakan untuk menambah level sesuai dengan kebutuhan apabila level yang diciptakan program belum memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk menambah level langkah yang dilakukan adalah kilik tombol Tambah.Software toko Nama      :    Diisi dengan nama level yang akan dibuat
    uraian    :    Diisi deskripsi level yang akan dibuat
  • Edit Operator Level
    Berfungsi untuk memperbaiki data level. Cara untuk mengedit level pilih level yang akan diedit kemudian klik tombol Edit. Tampilan form edit level ini sama seperti tampilan form tambah level. Bila data level sudah dibenahi kemudian klik tombol Edit.
  • Hapus operator level
    Digunakan untuk menghapus level yang belum dipergunakan salah satu operator. Bila level tersebut sudah dipergunakan salah satu operator maka level tersebut tidak bisa dihapus. Apabila level tersebut harus dihapus, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan edit operator dan mengubah levelnya terlebih dahulu.
  • Tutup
    Untuk menutup form level Operator.

4.  Membuat Operator

Sebelum memulai semua kegiatan transaksi yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat operator dan mengatur levelnya. Operator atau pengguna program dapat diatur dan dibatasi kewenangannya menurut batasan level yang diatur oleh SuperAdmin. Operator akan mempunyai username dan password sendiri-sendiri.
Yang mempunyai hak untuk menambah, mengedit, menghapus, mengaktifkan dan menonaktifkan Operator hanyalah pengguna yang mempunyai level Superadmin.
Langkah untuk membuat operator adalah Pilih Menu Operator kemudian pilih Login

program toko, kasir minimarket

Fungsi Tombol Operator :

Simpan

Digunakan untuk menyimpan data yang ditampilkan form operator.

Tambah

Digunakan untuk menambahkan Operator baru.

User Login
:
Diisi kode username yang akan dipakai Operator ( untuk system pos user login ini yang dipakai untuk masuk ke POS) diisi 3 digit angka.
Nama Lengkap
:
Diisi Nama dari operator ( untuk BO nama ini digunakan untuk login ke backoffice)
Jabatan
:
Menandakan tingkat kewenangan dari Operator yang bersangkutan.
Password
:
Diisi password Operator
Konfirmasi Password
:
Diisi konfirmasi password Operator
Training
:
Status dari kasir untuk system POS

Dibawah Training terdapat settingan Front Office dan Back Office. Front Office untuk mengatur kewenangan kasir dari system pos dan back office untuk access ke SSR.

Hak akses untukaplikasi Front Office:

Manager
:
Hak Kasir untuk melakukan  Seeting Dimesin POS
Void All
:
Hak kasir untuk mengkoreksi kesalahan penginputan item barang selama struk belum tercetak.
Uang Keluar
:
Hak Kasir untuk melakukan transaksi pengeluaran uang dari drawer.
Diskon Total
:
Hak kasir untuk memberikan diskon total
Pembayaran Kartu
:
Hak kasir untuk dapat transaksi penjualan dengan kartu debet/kredit
Pembayaran Voucher
:
Hak kasir untuk dapat transaksi penjualan dengan voucher
Pembayaran Tunai
:
Hak kasir untuk dapat transaksi penjualan dengan Tunai
Diskon Item
:
Hak kasir untuk dapat memberikan diskon pada POS
X
:
Hak kasir untuk dapat menggunakan fungsi kali pada POS
Hold
:
Transkasi penjualan yang dipending karena sesuatu hal pada system POS
Uang Masuk
:
Hak Kasir untuk melakukan transaksi pemasukan uang ke drawer.
Open Price
:
Hak kasir untuk dapat memberikan harga khusus kepada pelanggan pada suatu transaksi penjualan.
Recall Transaksi
:
Hak kasir untuk memanggil kembali transaksi penjualan yang dihold
Member
:
Hak kasir untuk membuka bantuan daftar pelanggan
Transaksi retur
:
Hak kasir untuk mencatat retur penjualan pada system POS
Setting POS
:
Hak kasir untuk melakukan setting local dari mesin POS
Report
:
Hak kasir untuk dapat mencetak laporan kasir
Cetak SFKC
:
Hak kasir untuk dapat mencetak fungsi-fungsi tombol pada system POS
Keluar dari POS
:
Hak kasir untuk keluar dari aplikasi POS.
Tampilkan Stock : Total stock muncul dibantuan barang
Transaksi Offline : User dapat melakukan transaksi offline
Pembayaran Kredit : Hak akses kasir untuk melakukan pembayaran secara kredit
Tampilkan List Member : Akses Kasir untuk menampilkan member dengan tampilan Grid/ bukan melalui scanner atau magnetic reader
Tambah Member Baru : Akses kasir untuk menambah member baru di tampilan program kasir
Pembayaran Point Hak akses kasir untuk melakukan pembayaran dengan type pembayaran point
Retur Point : Wewenang kasir untuk melakukan retur pembayaran point
Struk tanpa Harga : Hak akses kasir untuk menampilkan struk tanpa harga jual

Pembahasan tentang fungsi-fungsi tombol Sistem POS akan dibahas pada bab berikutnya.

Hak akses untuk aplikasi Back Office:

Acces
:
Hak Operator untuk login ke program backoffice
Hide harga beli
:
Jika menu ini dicentang maka user tidak dapat melihat harga beli barang yang sesungguhnya.
Hiden Summary
:
Jika menu ini dicentang maka sub total dari arsip maupun laporan tidak ditampilkan
 Edit harga jual ditansaksi pembelian
:
Wewenang user untuk melakukan proses edit harga jual ditransaksi pembelian
Autorisasi Limit Kredit : Wewenang user untuk memberikan otorisasi kepada customer yang melakukan transaksi kredit yang melebihi limit kredit.

Hapus

Fasilitas ini digunakan untuk menghapus data Operator. Data Operator yang boleh dihapus adalah Operator yang belum pernah melakukan transaksi. Apabila sudah pernah melakukan transaksi, data Operator tidak dapat dihapus karena digunakan untuk referensi laporan. Cara untuk menghapus Operator adalah : pilih Operator yang akan dihapus kemudian pilih tombol Hapus

Tutup

Dipergunakan untuk menutup form operator login.

Baca juga Menggunakan software minimarket Cakra Integrited System (Part 2) disini.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Harga Paket