Go to Top

Menejemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan dalam usaha minimarket dan swalayan meliputi, bagaimana cara pencatatan administrasi kas yang baik, laporan laba rugi,  laporan arus kas dan perencanaan kas/ cash planning yang baik

Bisnis retail mulai dari toko kelontong  minimarket, supermarket dan swalayan sekarang ini sangat marak, meskipun untungnya kecil, toko retail mempunyai perputaran uang yang cepat sehingga cash flownya sangat baik. Kesuksesan bisnis retail juga perlu didukung dengan laporan keuangan sederhana seperti Laporan Kas dan R/L. Berikut kami uraikan bagaimana megelola keuangan secara sederhana untuk toko retail atau minimarket Anda?

Sebuah toko yang tidak bagus pembukuan administrasinya akan segera terpuruk akibat kerugian-kerugian yang disebabkan karena kelalaian.

Untuk membuat laporan keuangan sederhana untuk toko kelontong, minimarket dan supermarket tidak harus sama dengan pembukuan perusahaan besar.  Cara yang diterapkan lebih simple yakni dengan mencatat semua keuntungan yang di dapat secara periodik misalkan seminggu, sebulan atau setahun.

Dengan rutin menghitung keuntungan setiap minggu, maka kita akan mengetahui kemajuan toko atau minimarket Anda. Dari laporan tersebut maka kita bisa merencanakan untuk investasi toko kedepan, misalnya perluasan toko atau membuka cabang baru

Anda juga bisa menggunakan cara yang berbeda dengan cara di atas, yaitu dengan mencatat setiap kali ada pemasukan dan pengeluaran hari itu juga. Misalnya saja produk yang dijual hari ini jumlahnya sekian, dan pengeluaran yang dilakukan seperti membayar tagihan, membayar listrik, air, dan telpon dicatatnya hari itu juga. Dengan mencatat aliran dana yang masuk & keluar, pemilik toko dapat mengevaluasi besarnya pemasukan yang ada dengan pengeluaran. Bila terjadi ketidak seimbangan karena begitu banyak membayar tagihan, hendaknya memeriksa apakah barang yang ada di toko tampak menumpuk atau sebaliknya.

 

Harga Paket