Go to Top

Program Kasir Minimarket Backoffice Murah

  • Overview

  • Operator

  • Data Master

  • Transaksi

  • Arsip / History Transaksi

  • Laporan

  • Pengaturan

  • Bantuan

Program supermarket minimarket

Cakra Integrited System Adalah Aplikasi ritel untuk kebutuhan minimarket dan supermarket Anda yang menginginkan keakuratan dalam setiap transaksi, cocok digunakan untuk bisnis ritail sekala kecil, menengah maupun ritail skala besar. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan database server yang handal, sehingga data yang bisa ditampung oleh aplikasi ini sangat besar dan tidak terbatas. Cakra Integrited System merupakan sebuah terobosan dalam teknologi informasi yang dirancang untuk menangani proses yang terjadi dalam sebuah industri retail seperti manajemen pembelian, penjualan, supplier, pelanggan, hutang piutang dan lain sebagainya. Output dari aplikasi ini adalah informasi yang dapat dijadikan pijakan untuk pengembangan industri retail yang lebih baik.

Operator Login

Hak Akses untuk masuk ke software Cakra Integrited System yaitu  dengan Login Username dan Password

Operator Level

Pembatasan wewenang / hak akses menu  yang dapat diatur dengan mudah.

Lokasi / Unit Toko

Fasilitas lokasi digunakan untuk pengaturan beberapa cabang perusahaan yang memiliki transaksi dan stocknya sendiri-sendiri secara terpisah maupun terintegrasi

Pemasok

Data Supplier digunakan untuk input data pada saat melakukan pembelian stock. Data ini berhubungan dengan stock yang ada di perusahaan dan hutang yang mungkin timbul sebagai akibat dari transaksi pembelian yang terjadi.

Pelanggan

Data Pelanggan digunakan untuk input data pada saat melakukan penjualan. Data ini berhubungan dengan catatan history penjualan dan piutang yang mungkin muncul dari penjualan.

Kelompok Barang

Data Kelompok Barang digunakan untuk pengkategorian stock sehingga memudahkan pengaturan dan pencarian

Sub Kelompok Barang

Data Sub Kelompok merupakan sub kelompok dari kelompok yang telah dibuat sebelumnya. Sub Kelompok digunakan untuk mengkategorikan stock menjadi kategori-kategori yang lebih kecil dan spesifik. Pada saat sebuah Kelompok dibuat, secara otomatis sebuah Sub Kelompok bernama Unsorted akan dibuat. Jadi sub kelompok barang bersifat optional. bisa tidak digunakan.

Data Rak

Merupakan data tempat suatu produk diletakkan sehingga akan memudahkan user dalam melakukan stock opname

Golongan Harga Jual

Golongan harga jual dipergunakan untuk pengaturan harga jual stock, dimana sebuah stock bisa memiliki harga bertingkat. Contohnya apabila membeli tiga harganya 10.000, membeli enam harga 8.500 dan membeli dua belas harganya 7.500 dan seterusnya tergantung dari pengelompokannya

Sebab Koreksi Stock

Data sebab koreksi merupakan data master yg berkaitan dengan transaksi penyesuain nilai stock persediaan/ sebab dari ajust plus/ajust minus. Misalnya sebab stock opname dimana memiliki sifat +, yang mana transkasi penambahan stock dari sebab stock opname.

Master Persediaan / Master BArang

Data Persediaan adalah data inti yang akan digunakan untuk keseluruhan kegiatan transaksi yang diatur oleh program

Konversi Satuan

Ketika melakukan pembelian atau pengadaan barang, umumnya barang dibeli dalam satuan besar. Mie instant misalnya, dating dalam satuan “dus” sementara itu pada waktu terjadi penjualan di took, barang yang terjual adalah barang dengan satuan yang lebih kecil, misalnya “bungkus” padahal kedua kode tersebut memiliki kode yang berbeda. Perbedaan antara barang masuk dan barang yang keluar ini menyebabkan stock barang dalam satuan besar (dos) terus bertambah (tidak pernah keluar), sedangkan stock barang dalam satuan kecil (bungkus) terus berkurang/minus (tidak pernah masuk).

Untuk menghindari hal tersebut diatas, Anda bisa menggunakan hanya satu kode barang, yaitu satuan dos, atau dengan satuan bungkus. Jika Anda mengunakan satuan dus, pada waktu barang dijual dalam satuan bungkus, Anda harus memasukkan jumlah pecahan misalnya 0,05 (untuk 1 bungkus dari 20 bungkus dalam satu dus). Sebaliknya, jika menggunakan satuan bungkus, pada waktu memasukkan data pembelian, Anda harus langsung memasukkan jumlah bungkusnya walaupun anda menerima dalam satuan dus.

 

Untuk Mengatasi kelemahan tersebut Smart Solution memberikan solusi sebagai berikut:

 

 

    • Pemasukan data pembelian tetap mengunakan kode barang dalam satuan besar/dos, sehingga sama dengan satuan pada nota pembelian dari pemasok. Pada waktu penjualan, bisa enggunakan kode barang dalam satuan dos/besar, atau menggunakan kode barang dalam satuan bungkus/kecil.

 

    • Kedua kode barang tersebut(satuan besar dan kecil) dihubungkan dalam table konversi satuan sehingga Smart Solution dapat melakukan konversi secara otomatis berdasarkan nilai konversi yang ditentukan.

 

    • Kode barang dalam satuan Kecil boleh lebih dari satu, tetapi kode barang dalam satuan besar hanya boleh satu. Misalnya:

 

 

Kode Barang A (dos) —-> B (bungkus) konversi X 20

 

A (dos) ——> C (ikat) konversi X 4

Ket : Dalam 1 Dos berisi 20 Bungkus Dalam 1 ikatan berisi 5 bungkus

Kode barang yang memiliki stock adalah kode barang dalam satuan besar. Pengeluaran yang dilakukan kodebarang satuan kecil akan dikonversikan langsung ke dalam jumlah stock kode barang satuan besar. Dengan demikian, jumlah stock bisa menjadi pecahan / decimal. Harga Pokok penjualan (HPP) dari barang yang terjual (ode barang satuan kecil) dihitung dari harga beli kode barang satuan besar dibagi nilai konversi.

Stock Assembly

Stock Assembly adalah jenis stock baru yang terdiri dari stock-stock komponen yang dapat didefinisikan. Stock Assembly digunakan untuk membuat sebuah stock baru dengan cara menggabungkan stock-stock lain yang sudah ada sebelumnya.Pada saat stock ini ditambahkan, jumlah stock dari stock komponen akan otomatis berkurang, begitu juga sebaliknya, bila stock Assembly dikurangi dengan cara adjustment, maka stock komponen akan bertambah.

Master Jasa / Service

Merupakan Management Data Service/Jasa untuk penjualan Jasa

Golongan Pendapatan

Yang dimaksud golongan pendapatan adalah daftar category pendapatan non retail yaitu masuknya kas diluar transaksi penjualan. Data golongan pendapatan ini berfungsi pada saat input transaksi pendapatan non retail karena digunakan untuk pos dimana pendapatan non retail tersebut di golongkan.

Golongan Biaya

Yang dimaksud golongan biaya adalah daftar category biaya yaitu keluarnya kas yang digunakan untuk biaya-biaya selain pembelian. Biaya-biaya yang dimaksud bisa berupa biaya rutin ataupun temporer. Biaya rutin misalnya pembayaran rekening listrik, telepon, PAM dan lain sebagainya. Sedangkan biaya temporer adalah biaya yang bisa muncul sewaktu-waktu misalnya uang saku untuk kurir. Data golongan biaya ini berfungsi pada saat input transaksi biaya karena digunakan untuk pos dimana biaya tersebut di golongkan.

Otomatisasi Diskon

Yang dimaksud diskon otomatis adalah potongan harga penjualan yang diberikan karena pembeli membeli barang dengan jumlah tertentu.

Time Diskon/Dikon Handling/Promo

Penanganan diskon dengan ketetuan-ketentuan yang dapat diset dengan mudaha

Master Sales / SPG

Data Sales/ SPG digunakan untuk input data pada saat melakukan penjualan yang melibatkan sales maupun spg.bersifat optional

Master Bank

Data Master bank digunakan berkaitan dengan pembayaran kartu debet dan kartu kredit dimana minimal transaksi dan jumlah biaya dapat diset untuk tiap-tiap Bank

Transaksi Koreksi Stock / Penyesuaian Stock

Koreksi stock digunakan untuk melakukan penambahan ataupun pengurangan stock tanpa melalui transaksi pembelian, penjualan, mutasi.

Stock Opname

Stock Opname adalah kegiatan menghitung kembali persediaan (barang) yang ada di toko kita, untuk di cocokan dengan catatan yang ada di data komputer .

Mutasi Stock

Fasilitas ini digunakan untuk pemindahan stock antar cabang/toko dalam sebuah perusaahaan. Cabang yang mengirim atau memindahkan stock secara otomatis akan terkurangi stocknya dan bagi cabang yang menerima secara otomatis akan bertambah stocknya

Transaksi Order Pembelian

Fasilitas ini digunakan untuk menangani dan mencatat transaksi pemesanan barang. Proses ini terjadi sebelum transaksi pembelian. Hal yang dicatat dalam pemesanan barang ini adalah daftar barang yang akan dibeli.

Transaksi Pembelian

Fasilitas ini digunakan untuk menangani dan mencatat transaksi pembelian.

Transaksi Retur Pembelian

adalah rangkaian aktivitas yang ada pada perusahaan, dimana perusahaan melakukan pengembalian atas barang yang telah dibeli kepada pemasok/supplier dikarenakan barang tersebut rusak atau tidak sesuai pesanan.

Transaksi Order Penjualan

Dokumen yang berisi daftar item barang atau jasa yang dipesan oleh customer kepada perusahaan Anda

Transaksi Pengiriman Order Penjualan

Order pengiriman merupakan dokumen yang berisi list daftar data order pengiriman yang digenerate dari order penjualan atau dibuat baru dalam form order pengiriman ini. Pada proses selanjutnya akan dilakukan proses pengiriman item barang yang telah dipesan oleh customer sesuai dengan yang dicatat pada order pengiriman.

Transaksi Retur Penjualan

Retur penjualan adalah pengembalian barang dari customer karena hal tertentu, mungkin karena rusak dalam perjalanan atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan customer.

Transaksi Pendapatan

Fasilitas ini digunakan untuk mencatat pendapatan non retail, seperti sewa rak, penjualan kardus bekas

Transaksi Biaya

Fasilitas ini digunakan untuk mencatat biaya-biaya yang dikeluarkan.

Transaksi Pembayaran Piutang

Pembayaran piutang yang timbul karena ada penjualan yang dilakukan secara kredit

Transaksi Pembayaran Utang

Pembayaran utang yang timbul karena ada pembelian yang dilakukan secara kredit

Laporan Kasir

Adalah rekaman transaksi yang dilakukan oleh kasir. Yang bisa dicari berdasarkan Periode Transaksi. Berisi redingan kasir mulai dari buka sesi penjualan sampai pergantian shift

Jurnal transaksi

Berisi nota-nota yang pernah dicetak oleh kasir .

Arsip Penjualan Kasir

Arsip penjualan berfungsi untuk melihat transaksi penjualan yang dilakukan oleh system POS yang pernah terjadi.

Arsip Order Penjualan

digunakan untuk memeriksa transaksi order penjualan.

Arsip Penjualan Grosir

adalah berkas dari aktivitas penjualan Grosir.

Arsip Penjualan Jasa

adalah berkas dari aktivitas penjualan jasa yang pernah tercatat.

Arsip Retur Penjualan

adalah berkas dari aktivitas retur penjualan jasa yang pernah tercatat.

Arsip Pengiriman Order Penjualan

adalah berkas dari aktivitas pengiriman dari transaksi order penjualan .

Arsip Order Pembelian

Arsip order pembelian berfungsi untuk melihat transaksi pesanan pembelian

Arsip Pembelian

Arsip pembelian berfungsi untuk melihat transaksi pembelia.

Arsip Retur Pembelian

Berkas dari aktivitas retur pembelian yang pernah tercatat

Arsip Koreksi Stock

Arsip Koreksi Stock berfungsi untuk melihat transaksi penyesuaian stock yang pernah diinputkan. transaksi yang masuk dalam arsip ini adalah misalnya pemakaian sendiri, Ajust min dan Ajust plus, stock hasil produksi sendiri dan lain-lain.

Arsip Mutasi Stock

Arsip Mutasi Stock berfungsi untuk melihat transaksi mutasi stock yang pernah terjadi

Arsip Pendapatan

Arsip Pendapatan berfungsi untuk melihat transaksi pendapatan non retail yang pernah diinputkan

Arsip Biaya

Arsip Biaya berfungsi untuk melihat transaksi Biaya yang pernah diinput

Laporan Keadaan Stock

digunakan untuk menganalisa keadaan stock, berisi informasi keadaan stock sampai saat ini, tanggal kedatangan terakhir, supplier terakhir. Pencarian data dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pencarian cepat pada Tool Bar text atau dengan pencarian khusus dengan multi kondisi

Laporan Posisi Stock

Untuk melihat Posisi Stock suatu item barang karena untuk perhitungan stocknya mengunakan metode FIFO

Laporan Nilai Persediaan

Untuk melihat rekapitulasi nilai persediaan per sub kelompok barang

Laporan Barang Expired

Menyajikan barang apa saja yang akan kadaluarsa atau yang sudah kadaluarsa

Laporan Mutasi Stock

Laporan mutasi digunakan untuk menganalisa perputaran barang

Laporan Sebab Koreksi

Berfungsi untuk melihat rekap dari transaksi koreksi stock

Grafik Penjualan

Laporan penjualan yang disajikan dalam bentuk grafik.

Analisa Penjualan per kelompok Barang

Penjualan harian per kelompok barang.

Laporan Barang yang terjual

adalah rekapitulasi penjualan per item barang.

Laporan Penjualan Per Sales

adalah Rekapitulasi penjualan per Sales.

Rekapitulasi transaksi Pelanggan

adalah rekapitulasi transaksi pelanggan per periode tertentu.

Laporan type pembayaran

adalah Rekapitulasi per type pembayaran untuk periode tertentu.

Laporan Rekapitulasi Pemasok

Menampilkan rekapitulasi transaksi pemasok untuk periode tertentu

Laporan Barang yang dibeli

Berfungsi untuk melihat rekap / history barang yang telah dibeli pada periode tertentu.

Laporan Rekapitulasi Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi(rekap seluruh transaksi penjualan,pembelian, retur penjualan, retur pembelian, koreksi stock) per item barang

Laporan Rekapitulasi Kelompok Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi(rekap seluruh transaksi penjualan,pembelian, retur penjualan, retur pembelian, koreksi stock) per kelompok barang

Laporan Rekapitulasi Sub Kelompok Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi(rekap seluruh transaksi penjualan,pembelian, retur penjualan, retur pembelian, koreksi stock) per sub kelompok barang

Laporan Rekapitulasi Bulanan

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi(rekap seluruh transaksi penjualan,pembelian, retur penjualan, retur pembelian, koreksi stock) dalam 1 bulan

Laporan Rekapitulasi Tahunan

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi(rekap seluruh transaksi penjualan,pembelian, retur penjualan, retur pembelian, koreksi stock) dalam 1 tahun

Laporan Rekapitulasi Hpp Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi harga pokok penjualan vs harga jual per kode barang

Laporan Rekapitulasi HppKelompok Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi harga pokok penjualan vs harga jual per kelompok barang

Laporan Rekapitulasi Hpp Sub Kelompok Barang

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi harga pokok penjualan vs harga jual per sub kelompok barang

Laporan Rekapitulasi Hpp Bulanan

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi harga pokok penjualan vs harga jual dalam 1 bulan

Laporan Rekapitulasi Hpp Tahunan

Berfungsi untuk melihat rekapitulasi harga pokok penjualan vs harga jual dalam 1 tahun

Laporan Transaksi Kas

Berfungsi untuk melihat transaksi keluar masuk Kas

Laporan Utang

Berisi daftar hutang ke supplier ataupun hutang ke pelanggan

Laporan Piutang

Berisi daftar Piutang pelanggan

Laporan Cek dan Giro

Adalah laporan daftar giro/cheque yang digunakan untuk pembayaran hutang ataupun piutang. Dalam laporan ini juga disediakan fasilitas untuk mencairkan giro/cheque sehingga hutang ataupun piutang terupdate

Laporan Laba / Rugi

Laporan rugi laba dibagi menjadi tiga yaitu Harian, Bulanan dan Tahunan

 

Transaksi Penjualan

    • Pajak Penjaualan

 

    • Harga Double

 

    • Penguncian Stock

 

    • Laporan Kasir

 

    • Retur penjualan tanpa nota

 

    • Aktifkan promo penjualan

 

    • Setting Point

 

    • Tanggal Transaksi

 

    • Pembulatan

Transaksi Pembelian

    • Tgl transaksi

 

    • Aktifkan diskon bertingkat

 

    • Gabungkan untuk kode barang yang sama

 

    • Aktifkan Tanggal expired

 

    • Otomatis update harga jual konversi satuan

 

    • Aktifkan penerimaan barang harus sesuai dengan order pembelian

Transaksi Koreksi Stock

    • Tanggal transaksi

 

    • Aktifkan tanggal expired

Transaksi Stock Opname

    • Tanggal transaksi

 

    • Aktifkan tanggal expired

Transaksi Mutasi Stock

    • Tanggal transaksi

 

    • Export hanya harga jual default

Setting Struk Kasir

Fasilitas ini digunakan untuk pengaturan Struk kasir. maksimal Ada 10 baris. Header : Pesan text dibagian judul struk Footer : Pesan text dibagian bawah struk, terdapat pilihan 2, 4 atau 6 baris

Setting Pembulatan

digunakan untuk mengaktifkan pembulatan, ada dua type yaitu pembulatan kebawah dan pembulatan keatas

Setting Barcode Timbangan

Digunakan untuk mengatur barcode yang dihasilkan oleh timbangan elektronik sehingga kasir tidak perlu menginputkan kode PLU dan berat

Setting Kode Otomatis

Kode otomatis untuk supplier, pelanggan kelompok barang sub kelompok barang dan kode barang

Setting Rumus acak harga beli

Saat cetak label barcode bisa dicantumkan harga beli yang sudah diacak dengan rumus yang sudah Anda tentukan

Setting SFKC

Tombol SFKC adalah funsi tombol yang digunakan dalam aplikasi POINT OF SALES

Cetak Barcode

Menu untuk cetak barcode

Backup Database

Backup digunakan untuk membackup database secara manual

Restore Database

Restore digunakan untuk mengembalikan data pada kondisi tertentu sesuia dengan file backup yang digunakan untuk merestore database

Backup Archive

Digunakan untuk menyimpan data transaksi penjualan yang telah lampau, transaksi penjualan direkap kemudian dirampingkan sehingga performa database akan selalu terjaga

Restore Archive

Digunakan untuk mengembalikan data transaksi penjualan pada kondisi tertentu sesuia dengan file backup archive yang digunakan untuk merestore archive

Update Stock

Update stock digunakan untuk menghitung harga pokok pembelian dari penjualan barang yang ketika proses penjualannya belum memiliki stock.

Import Data

Digunakan untuk memasukan data master barang yang diambil dari file excel.
Harga Paket