Go to Top

Alasan Indonesia dilirik Peretail Asing

Program kasir supermarket

program minimarket murahTampaknya suhu panas menjelang pemilu 2014 tidak menyusutkan minat para inverstor asing khususnya peretail asing  untuk menancapkan kukunya di Indonesia,  Setelah kehadiran peritel Uniglo asal Jepang, serta produk kecantikan tersohor Victoria Secret, dan makin mengguritanya Lotte Mart serta Seven Eleven dan Lawson.

Meski belum memastikan kapan akan masuk ke Indonesia, peritel asal China yakni Sun Art Retail Group Ltd berencana ekspansi ke kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Seperti dilansir Reuters, Chairman Ruantex, Samuel Yin memastikan rencana tersebut. Ruantex sendiri merupakan pemegang saham mayoritas Sun Art.

Rencana yang lebih pasti justru datang dari salah satu peritel raksasa Jepang, yakni Aeon Mall Ltd. Rencananya, tanggal 7 Februari nanti, Aeon Mall Co Ltd akan membuka gerai secara serempak di lima negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja serta Indonesia dengan salah satu acara menyambut kehadiran 300 karyawan baru Aeon di kawasan Asia Tenggara.

Khusus untuk Indonesia, Aeon sudah menggandeng mitra lokal dengan mengibarkan bendera PT Aeon Mall Indonesia. Sumber KONTAN di perusahaan tersebut mengiyakan rencana ekspansi Aeon di Indonesia.
“Kami sudah menandatangani kerjasama dengan mitra lokal,” katanya seperti dilansir Tribunnews dari KONTAN belum lama ini. Sumber tersebut belum mau menjelaskan soal rencana bisnis Aeon di Indonesia dan menunggu tanggal pembukaan resmi 7 Februari tersebut.

Peritel yang memiliki 2.300 gerai ritel dengan beragam format di beberapa negara ini memang mengincar pasar Asia dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia sebagai target pasar utama.

Selama ini, format ritel Aeon cukup bervariasi. Bisa berbentuk pusat belanja, general merchandise store, supermarket, hipermarket dan convenience store. Tidak tertutup kemungkinan Aeon Mall Indonesia mengambil bentuk format-format tersebut.

Khusus untuk convenience store, Aeon sudah menggandeng mitra lokal yakni PT Bahagia Niaga Lestari untuk mulai membuka gerai Ministop di tahun ini. Asal tahu saja perusahaan ini dulunya milik PT Supra Boga Lestari Tbk, pemilik jaringan Ranch Market dan Farmers Market di Indonesia.

Alasan Indonesia diserbu peritail asing adalah seperti yang bos AEON Mall paparkan:

Pertama, pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang stabil dalam beberapa tahun ke belakangan, yang ada di atas rata-rata 6 persen. “Pertumbuhan domestik bruto Jakarta terus stabil. Perkembangan infrastruktur yang ada juga memacu pertumbuhan bisnis,” ujarnya.

Kedua, berkembangnya jumlah masyarakat kelas menengah di Jakarta. Okazaki bilang, kelas menengah di Jakarta tahun 2010 tercatat sebanyak 35 persen dan akan menjadi 51 persen tahun 2020. “Kelas menengah di Jakarta itu sesuai dengan segmen pasar kami,” tandasnya.

Ketiga, Pertumbuhan populasi keluarga muda di Jakarta juga kian banyak. Dia bilang, penduduk Jakarta yang berumur 20 – 39 tahun tercatat sebanyak 31persen. “Keluarga muda itu akan tumbuh di wilayah sub-urban dan itu juga menjadi pasar kami,” jelasnya.

Sumber :  tribunnews.com

Kembali ke Halaman muka di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Harga Paket